Senin, 15 Agustus 2022

 


Minggu, 14 Agustus 2022  TPQ Albarokah  yang beralamat Guno, Jatiroto mengadakan berbagai perlombaan untuk menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77.  Macam-macam lombanya antara lain  lomba estafet tepung,, lomba estafet  meniup bola, lomba memasukkan pensil  kedalam botol, lomba memindahkan air menggunakan spons , lomba mewarnai, dan lomba membuat kaligrafi.

Karena jenis perlombaan ada yang sulit maka untuk  kelompok kecil (anak-anak paud –SD kelas 1) di pilihlah lomba mewarnai, estafet meniup bola, dan memindahkan air menggunakan spons. Sedangkan kelompok besar (anak-anak SD kelas 2-SMP 1) memasukkan pensil kedalam botol, estafet tepung dan membuat kaligrafi.

Lomba mewarnai peserta lomba diberikan gambar kemudian di beri warna oleh peserta lomba dengan rapi. Peseta lomba membawa pensil warna masing-masing  dari rumah. Sedangkan lomba kaligrafi peserta didik diberikan kertas hvs A4 kemudian anak-anak menulis lafadz allah dan di hias sesuai imajinasi sendiri-sendiri. 

Lomba meniup balon dimainkan dengan cara membagi peserta menjadi dua  kelompok kemudian menyiapkan gelas plastik  yang diisi dengan air sampai penuh  dan ditaruh diatas meja  sebanyak peserta lomba setiap kelompoknya.  Cara bermain estafet tepung  yaitu dengan cara membagi dua kelompok. Satu kelompok menjadi lawan kita lalu memilih satu ketua dari satu kelompok tersebut.  Ketua duduknya  paling depan dan yang lainnya mengikuti dibelakangnya. Ustadzah  meletahkan tepung di baskom kecil dan semua peserta yang mengikuti lomba estafet tepung dibagikan gelas plastik  ukuran kecil. Ketua mengambil tepung dengan gelas plastik kecil kemudian diberikan keteman di belakangnya melewati atas kepala kita begitu seterusnya sampai peserta menerimanya.

Cara bermain lomba memasukkan pensil kedalam botol adalah dengan  membagi peserta menjadi dua kelompok kemudian mengikat  pensil menggunakan tali rapia setelah dua pensil diikat  tali rapia sisanya diikatkan kepinggang kita, lalu mata kita ditutup dengan menggunakan kain dan memilih ketua. Tugas ketua adalah mengarahkan kita supaya dapat memasukkan pensil kedalam botol.  Lomba memindahkan air menggunakan spons adalah membagi menjadi dua kelompok lalu anak-anak berjejer dan panitia menyiapakan air di dalam baskom dan spons. Kemudian peserta paling depan  memasukkan spons ke dalam air  dan di angkat diberikan teman yang ada disampingnya dan seterusnya. 

Peserta lomba merasa senang  karena dapat berkumpul dengan teman-temannya. " Perlombaan ini tidak ada yang kalah semuanya menang, karena perlombaan ini selain untuk menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia yang  ke- 77  juga untuk memupuk rasa kebersamaan dan kesetiakawanan “ kata salah satu pengasuh  TPQ Al barokah.

Karena waktu sudah siang dan semua perlombaan sudah terlaksana  maka lomba telah selesai dan juara lomba akan di umumkan pada hari selasa 16 Agustus 2022 ketika mengaji.


 

Oleh Salwa Arum Khoirunnisa SDIT Bina Insan Mulia Jatiroto

 

0 komentar:

Posting Komentar