Senin, 15 Agustus 2022

 

Pramuka merupakan akronim dari Praja Muda Karana yang artinya jiwa muda suka berkarya. Berdirinya Pramuka di prakarsai oleh Baden Powell pada tahun1907. Sedangkan gerakan Pramuka Indonesia mulai dikenalkan secara resmi di Indonesia pada 14 Agustus 1961. Anggota pramuka memiliki agenda tahunan, salah satunya merayakan Hari Pramuka Indonesia yang diperingati setiap tanggal 14 Agustus.

Karena tanggal 14 bertepatan dengan hari Ahad, maka SDIT BIM Jatiroto melaksanakan upacara hari Pramuka pada hari Sabtu,  tanggal 13 Agustus 2022. Seluruh siswa mengikuti upacara hari Pramuka dengan tenang dan tertib. Pembina upacara saat itu tersebut yaitu Sugiyatno. Dalam amanatnya, Sugiyatno berkata “pramuka itu bukan hanya gerakan pemuda Indonesia melainkan gerakan pemuda di seluruh dunia.”

Pada saat pelaksanaan upacara, kelas 6 menjadi petugas upacara hari Pramuka. Dilakukan upacara tentang hari Pramuka, tujuannya agar memupuk rasa persatuan dan kesatuan. Upacara dilaksanakan untuk memperingati hari Pramuka ke-61. Ada 11 siswa yang menjadi petugas upacara, yaitu  terdiri dari, pemimpin upacara, pemimpin upacara`` yang paling kanan, pengibar bendera, petugas pembaca Pancasila, petugas pembaca UUD 1945, petugas Dasa Darma, petugas pembaca Dwi Darma, petugas pembaca susunan acara, petugas derijen,dan ada juga petugas yang membacakan doa pada akhir  upacara dan sisanya memjadi regu kur.

Di pertengahan upacara, petugas derijen memandu petugas regukur untuk menyanyikan 3 lagu, yaitu lagu Hyme Satya Darma Pramuka, Indonesia Raya, dan lagu Bagimu Negeri .Lagu Indonesia Raya ,dinyanyikan saat pengibaran bendera merah putih .dan lagu Bagimu Negri. Suara mereka sangat indah. Petugas upacara melakukan tugasnya dengan baik sehingga upacara peringatan Hari Pramuka berjalan lancar.




Oleh Keisha Shofiya A SDIT Bina Insan Mulia



0 komentar:

Posting Komentar