Senin, 15 Mei 2023

PERSIAPAN STUDY TOUR atau OUTING CLASS atau BELAJAR DI LUAR KELAS

 

Study tour bisa diartikan belajar dengan berkeliling atau berkunjung yang diadakan oleh sekolah untuk menambah pengetahuan dan wawasan siswa tentang hal-hal di luar kelas. Misalnya saja alam, makhluk hidup, sejarah, budaya atau lainnya. Dengan begitu siswa nggak cuma dapat teori saja, tapi juga ilmu yang lebih nyata.

 

Manfaat dan Tujuan Study Tour:

  1. Dapat membantu siswa memperdalam pengetahuan dalam bidang tertentu dengan mengunjungi lokasi yang terkait dengan topik yang sedang mereka pelajari di kelas.
  2. Dapat membantu siswa untuk meningkatkan keterampilan sosial mereka melalui interaksi dengan orang baru dan belajar tentang budaya yang berbeda.
  3. Siswa dapat memperluas pengalaman mereka di luar kelas dengan mengunjungi tempat-tempat baru dan mengembangkan cara pandang yang lebih luas.
  4. Dengan menjadi pemimpin kelompok pada saat Study tour, siswa dapat mengembangkan keterampilan kepemimpinan mereka.
  5. Study tour dapat menginspirasi siswa untuk belajar lebih banyak tentang topik tertentu dan mendorong mereka untuk mengejar karir di bidang yang terkait.
  6. Setelah memperoleh pengalaman belajar yang menyenangkan dan menarik di luar kelas, study tour dapat menambah motivasi belajar siswa.

Berikut ini beberapa rekomendasi daftar (list) bekal / barang / keperluan apa saja yang wajib dibawa saat study tour!

 

Uang

Uang adalah benda yang sangat penting untuk dibawa kemanapun Kamu pergi, termasuk study tour. Fungsinya yakni untuk membeli sesuatu. Misalnya beli makan, jajanan atau mungkin membeli souvenir, termasuk bayar toilet.

Namun demikian, Kamu juga nggak perlu membawa uang saku berlebihan. Bisa-bisa Kamu jadi boros atau malah memancing tindak kejahatan. Cukup seperlunya aja, gengs.

Tips:

  • Bawa uang tunai seperlunya, kalau terlalu banyak titipkan pada Guru pemdamping.
  • Bawa atau tukarkan sebagian uang menjadi RECEHAN, untuk memudahkan transaksi, dan apabila ada kehilangan uang jatuh tidak begitu besar. Walaupun siapa saja tidak berharap uang jatuh hilang.
  • Bawa Dompet atau Tas pinggang kecil yang aman untuk menyimpan uang lainnya.
  • Uang receh 2000 wajib ada, buat ke toilet.
  • Tips hemat uang saku:
  • Buatlah anggaran.
  • Batasi pengeluaran pada hal yang penting.
  • Hindari membeli barang yang tidak diperlukan.
  • Jangan terlalu sering jajan.

 

Perlengkapan Alat Tulis

Karena study tour bukan sekedar ajang rekreasi, tapi juga untuk pelajaran. Maka Kamu perlu membawa seperangkat alat tulis. Yakni meliputi buku tulis, pulpen,. Alat-alat tersebut diperlukan untuk mencatat hal-hal penting yang diberikan selama pembelajaran.

 

Obat-Obatan

Kalau Kamu punya penyakit tertentu maka sudah pasti Kamu harus membawa bekal obat-obatan untuk mengatasi sakitmu tersebut. Namun bila pun tidak, Kamu tetap wajib bawa obat-obatan dan alat P3K untuk berjaga-jaga bila badan kamu melemah ketika perjalanan.

Contoh obat-obatan yang bisa kamu bawa:


·         Obat demam.
·         Obat nyeri.
·         Obat diare.
·         Obat masuk angin/maag/lambung.
·         Obat alergi.
·         Obat pilek/flu.
·         Obat mata.
·         Obat gatal-gatal dll.

 

Pakaian Cadangan

Selanjutnya Kamu juga perlu membawa pakaian cadangan saat study tour. Ini diperlukan bila perjalananmu berlangsung lebih dari 1 hari. Tentunya Kamu butuh mandi agar badan jadi segar kembali, kan? Nah, maka itu jangan lupa membawa pakaian ganti seperti: celana, celana dalam, baju, kaos dll. Jangan lupa bawa juga:

  • Kaus kaki.
  • Sarung tangan.
  • Jaket tebal.
  • Sweater atau fleece.
  • Penutup kepala / Topi
  • Syal dll.
  • Topi atau penutup kepala membantu melindungi kepala dan wajah dari sinar matahari dan membuatmu tetap sejuk.

 

Peralatan Mandi Secukupnya

Biasanya cewek enggak betah dengan kondisi tubuh gerah dan berkeringat. Maka itu, nggak heran jika cewek suka mandi ketika bepergian. Nah, bila Kamu juga berniat mandi saat study tour maka bawalah perlengkapan kebutuhan mandi seperlunya. Misalnya sabun badan, facial wash, pasta gigi, sikat gigi, sampo dan handuk.

Supaya praktis dan menghemat tempat, jika ada maka bawalah tempat peralatan mandi untuk travelling.

 

Perlengkapan Ibadah

Kemanapun Kamu pergi jangan pernah melupakan perlengkapan ibadah, yakni mukena (untuk cewek) dan sarung (untuk cowok), sajadah dll. Dengan begitu, nantinya bila Kamu menemukan masjid di tengah perjalanan, Kamu bisa sholat tanpa harus mengantre.

Ingat ya, jaga sholatmu 5 kali sehari meskipun Kamu sedang bepergian. Jika memang sulit untuk sholat tepat waktu (misalnya susah menemukan mushola atau masjid), Kamu bisa mengqoshornya. Silahkan mempelajarinya dari buku agama.

 

Buku Petunjuk, Peta atau Panduan Wisata

Buku petunjuk atau panduan wisata memiliki beberapa fungsi, di antaranya:

  • Memberikan informasi kepada Kamu tentang tujuan wisata meliputi deskripsi tentang lokasi, sejarah, dan fakta-fakta penting tentang tempat yang akan dikunjungi.
  • Peta dapat memberikan kamu petunjuk jalan dan rute terbaik untuk mencapai tujuan wisata dan mengelilingi area tersebut.
  • Buku petunjuk dapat memberikan kalian informasi tentang lokasi fasilitas penting seperti hotel, restoran, toko, dan tempat parkir.
  • Buku petunjuk dapat memberikan rekomendasi aktivitas dan pengalaman yang dapat kita dilakukan di tujuan wisata.
  • Buku petunjuk dapat memberikan informasi banyak hal tentang budaya, tradisi, dan adat istiadat dari suatu tempat yang dapat kita pelajari.
  • Buku petunjuk dapat menjadi panduan yang praktis selama perjalanan dan membantu mengurangi kebingungan dan stres saat kita berada di lokasi wisata.

 

Cemilan

Biar wisata kamu makin menyenangkan dan nggak boring, jangan lupa membawa cemilan di dalam tas. Kamu bisa membeli makanan ringan di minimarket dan jangan lupa minumannya. Dengan begitu Kamu juga nggak akan kelaparan.

 

Sandal

Selain sepatu jangan lupa juga bawa sandal ya. Bawalah sandal yang sesuai dengan kebutuhan kamu di lokasi study tour.

 

Dan yang terakhir, adalah beberapa tips agar tidak lupa membawa barang saat study tour:

  • Buatlah daftar barang yang akan dibawa untuk study tour dan pastikan semuanya dicatat dengan jelas.
  • Siapkan barang bawaan sebelum waktunya setidaknya 1 sampai dengan 2 hari sebelum hari keberangkatan, sehingga kalian tidak terburu-buru saat ingin berangkat dan tidak terlupakan barang penting. Pastikan semua barang sudah dikemas dengan rapi dan siap dibawa.
  • Cek  kembali barang bawaan, penting untuk minta bantuan teman untuk mengecek daftar barang yang harus dibawa, saling mengingatkan dan kamu dapat memastikan bahwa tidak ada barang penting yang tertinggal.

TIDAK KALAH PENTING DARI SEMUA ITU
JAGA AKHLAK ISLAMI disemua tempat kapanpun itu

-- Makan sambil berhenti, lalu duduk.

-- Tertawa secukupnya, tidak terbahak-bahak atau teriak teriak

-- Berbicara sopan

-- Tidak menyakiti hewan

-- Tidak merusak tanaman/bunga,

-- Menjaga aurat (tidak menampakan aurat sembarangan)

-- Saling menjaga teman "JANGAN TERTINGGAL DARI ROMBONGAN"

-- PATUHI GURU PENDAMPING


Jadi itulah beberapa barang yang harus dibawa saat study tour. Semoga bermanfaat dan membantu !

 

 

0 komentar:

Posting Komentar